Bengkulu (Antaranews Bengkulu)  Umat Muslim di 10 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu memotong 6.772 ekor hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Ada peningkatan jumlah hewan kurban yang dipotong tahun ini dibanding jumlah kurban tahun lalu, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bustasar di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan pada Idul Adha 2017, jumlah hewan kurban sebanyak 5.602 ekor, sedangkan tahun ini bertambah hampir 1.000 ekor. 

Hewan kurban tahun ini sebanyak 6.772 ekor terdiri dari seekor sapi dari Presiden RI, 151 ekor kerbau, 3.602 ekor sapi dan 3.018 ekor kambing.

 "Peningkatan jumlah hewan kurban ini menjadi salah satu indikator meningkatnya ketaqwaan masyarakat Provinsi Bengkulu," ucap Bustasar yang juga Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Bengkulu.

Selain itu, peningkatan jumlah hewan kurban tersebut juga salah satu indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Terkait pelaksanaan sholat Idul Adha 1439, secara umum menurut dia berlangsung tertib dan lancar meski Kota Bengkulu sempat diguyur hujan.

Sempat diguyur gerimis beberapa saat tapi tidak mengganggu ibadah yang berlangsung, semua berjalan khidmat, ucapnya.

Khusus di Masjid Baitul Izzah yang merupakan masjid milik Pemprov Bengkulu, bertugas sebagai Imam yakni Mawardi Lubis yang merupakan Imam Masjid Raya Baitul Izzah dan Khatib Dani Hamdani yang merupakan Sekretaris MUI Provinsi Bengkulu.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018