Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hingga kini masih mendata luas lahan perkebunan kelapa sawit yang telah selesai dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah oleh Komando Rayon Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu.

"Kami belum tahu luas lahan yang telah selesai dicetak jadi sawah baru karena petugas masih mendatanya," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin, Sabtu

Pemerintah pusat melalui Komando Rayon Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu tahun ini melaksanakan program cetak sawah baru pada lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare di Kabupaten Mukomuko.

Ia menyatakan, sekarang ini instansinya memegang data luas lahan perkebunan kelapa sawit yang telah selesai dicetak menjadi sawah baru seminggu yang lalu, yakni seluas 28,9 hektare.

"Kemungkinan saat ini pelaksana telah mencetak sawah baru di lahan seluas sekitar 35 hektare," ujarnya.

Ia menyebutkan, pihak Korem saat ini menggunakan delapan alat berat untuk mencetak sawah baru yang tersebar di Desa Resno sebanyak dua alat berat, Desa Lubuk Pinang sebanyak dua alat berat dan empat alat berat di Desa Ranah Karya.

Seluas puluhan hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah selesai dicetak menjadi sawah baru tersebut sudah bisa digunakan oleh petani untuk menanam padi.

Karena Korem mengerjakan program cetak sawah baru tahun ini secara bertahap, setelah menumbangkan seluruh pohon sawit, kemudian dilanjutkan ke tahap pengolahan lahan menjadi sawah.

Sedangkan sumber air untuk pengairan lahan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di daerah itu telah tersedia.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018