Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, secara tiba-tiba mengusulkan pergantian unsur pimpinan dewan di daerah itu kepada pihak DPRD setempat.

Sekretaris DPD II Partai Golkar Rejang Lebong Gustisaf saat ditemui di Sekretariat DPD Golkar Rejang Lebong, Selasa (28/8), mengatakan bahwa pergantian unsur pimpinan dewan dari partai berlambang pohon beringin tersebut sudah diusulkan sejak beberapa waktu lalu, bukan secara mendadak.

"Untuk Pak Yurijal yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Rejang Lebong diusulkan akan dilakukan penggantian antarwaktu (PAW) dari jabatannya dengan anggota lainnya, bukan diberhentikan dari keanggotaan dewan," katanya.

Pergantian unsur pimpinan dewan itu sendiri, kata dia, sebagai upaya pembenahan pembenahan struktur kelembagaan DPD II Partai Golkar Rejang Lebong periode 2016 s.d. 2020.

Pergantian unsur pimpinan dewan daerah itu, menurut dia, sudah disetujui oleh DPP Partai Golkar dalam surat yang diterbitkan pada tanggal 7 Agustus lalu. Suratnya bersama dengan surat permintaan dilakukan PAW.

Selain itu, unsur pimpinan yang akan diganti dengan calon penggantinya, kata Gustisaf, juga sudah mereka undang dan bertemu sehingga terbitkan SK DPP Partai Golkar tentang penetapan PAW unsur pimpinan DPRD Rejang Lebong.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Rejang Lebon Zulkarnain mengatakan bahwa dirinya sudah menerima surat pengajuan pergantian unsur pimpinan DPRD setempat dari DPD Partai Golkar.

"Surat saya naikkan ke meja ketua DPRD, dan disposisikan beliau untuk dikaji dan tindaklanjuti. Suratnya sudah saya disposisikan untuk dikaji oleh bidang yang menanganinya, yakni bidang hukum dan persidangan untuk proses lebih lanjut," katanya.

Di lain pihak Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Rejang Lebong Yurijal saat ditemui mengaku belum menerima surat dari DPP Partai Golkar yang menyebutkan PAW jabatannya di dewan. Dia baru tahu dari sekretariat dewan jika dirinya diusulkan pergantian oleh DPD II Partai Golkar Rejang Lebong.

"Saya tidak mengerti, salah saya apa? Akan tetapi, demi keutuhan Partai Golkar, saya terima walaupun sampai sekarang saya belum mendapatkan surat itu," kata Yurijal.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018