Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, siap mengembangkan olahraga paralayang di wilayah itu.

Kepala Dispora Rejang Lebong, Noprianto dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan program pengembangan olahraga paralayang tersebut berdasarkan petunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menilai daerah itu cocok untuk dijadikan lokasi pengembangan olahraga rekreasi tersebut.

"Olahraga rekreasi ini selain memiliki dampak bagi kesehatan namun juga akan memiliki dampak ekonomis yang tinggi bagi daerah nantinya," kata Noprianto.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, di beberapa daerah yang telah mengembangkan olahraga rekreasi itu, perekonomian daerah meningkat dengan banyaknya usaha yang berjalan mulai jasa perhotelan, rumah makan dan lainnya.

Untuk mengembangkan olahraga ini Dispora Rejang Lebong telah melakukan peninjauan ke beberapa tempat untuk dijadikan lokasi pengembangannya seperti di kawasan Villa Diklat Danau Mas Harun Bestari, namun pihaknya belum bisa memastikan ketinggiannya cocok atau tidak karena masih menunggu survey ahlinya.

Sedangkan untuk lokasi lainnya ialah di kawasan pembangunan Sport Center di Kecamatan Bermani Ulu Raya, tetapi dilokasi ini tempat pendaratannya cukup jauh.

"Untuk membangun lokasi paralayang ini yang jelas harus ada landasan baik untuk lepas landas dan mendarat, di mana untuk lokasinya tidak mesti ditanah pemerintah bisa juga di tanah milik warga," ujarnya.

Pengembangan olahraga rekreasi yang akan mereka kembangkan ini, sesuai dengan petunjuk Kemenpora direncanakan pada 2019 mendatang akan disusun detail engineering design (DED) terlebih dahulu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018