Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan setinggi empat meter, lebih tinggi dari sebelumnya 3,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut setinggi empat meter itu juga berpotensi terjadi di perairan Enggano, perairan Bengkulu hingga perairan Lampung," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Selasa.

Ia mengimbau kepada seluruh nelayan di wilayah itu untuk mewaspadai gelombang laut tinggi empat meter tersebut karena bisa membahayakan seluruh jenis perahu dan kapal ikan. Angin di perairan Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-22 knots, cuaca di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Selanjutnya angin di perairan Enggano berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-25 knots dan angin di Barat Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 10-25 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, wilayah Kep. Mentawai hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar cerah dan berawan antara lain terjadi di Kota Bengkulu dan kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara antara 17-30 derajat celcius dan kelembaban antara 64-96 persen.

"Sedangkan di dua daerah yaitu Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu utara berpeluang turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban berkisar 62-95 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012