Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengungkapkan seluas 378 hektare, atau sebesar 95 persen dari seluas 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit diubah menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru tahun ini.

Sekitar 95 ?persen lahan yang dicetak menjadi sawah baru itu merupakan kebun sawit, sisanya kebun campur dengan komoditi perkebunan lain,? kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Minggu.

Komando Resort Militer (Korem) 041/Garuda Mas, Bengkulu, tahun ini melaksanakan program pencetakan sawah baru di Kabupaten Mukomuko seluas 400 hektare.

Ali Mukhibin menyebutkan seluas 22 hektare lahan kebun campur dengan komoditi perkebunan lain yang dicetak menjadi sawah baru di Desa Ranah Karya. Kecamatan Lubuk Pinang.

Ia menyatakan anggaran untuk encetak sawah baru di kebun campur dengan komoditi perkebunan lainnya di wilayah itu sama dengan anggaran untuk mencetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit.

Ia menyebutkan alokasi dana untuk program cetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 378 hektare dan seluas 22 hektare kebun campur di daerah itu sekitar Rp2,5 miliar.

Ia menyebutkan, saat ini seluas 50,6 hektare dari seluas 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik kelompok tani di daerah itu yang telah dicetak menjadi sawah baru di daerah itu.

Seluas 50,6 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru tersebut tersebar empat desa di daerah itu, yakni di Desa Resno Desa Lalang seluas seluas 24,5 hektare kebun sawit dicetak menjadi sawah baru.

Kemudian di Desa Lubuk Pinang seluas 11 hektare kebun sawit dicetak menjadi sawah dan Desa Ranah Karya seluas 15,25 hektare kebun sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018