Mukomuko, Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tercatat mengalami penurunan Rp40 hingga Rp90 per kg dibandingkan sebelumnya.

"Harga pembelian buah sawit oleh sejumlah pabrik di daerah ini mengalami penurunan Rp40-Rp90 per kg, dari sebesar Rp1.020-Rp1.180 per kg menjadi Rp980-Rp1.090 per kg," kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa. 

Padahal, sebelumnya harga pembelian tandan buah segar oleh sejumlah pabrik kelapa sawit di daerah itu sejak dua bulan terakhir terus mengalami kenaikan. 

Ia menyatakan, pihaknya akan mencari tahu alasan sejumlah pabrik kelapa sawit di daerah itu membeli harga tandan buah segar milik petani setempat dengan harga lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak pabrik untuk memastikan alasan membeli sawit petani dengan harga sebesar itu," ujarnya. 

Kendati demikian, lanjutnya, mayoritas pabrik kelapa sawit di daerah itu membeli buah sawit petani setempat di atas batas toleransi yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditas perkebunan tersebut sebesar Rp1.048 per kilogram.

"Dari harga penetapan sebesar Rp1.103 per kg, pabrik diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli sawit petani, yakni sebesar Rp1.048 per kg," ujarnya.

Ia menyebutkan, pabrik-pabrik yang membeli sawit petani tersebut yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) sebesar Rp980 per kg, PT KSM Rp1.040 per kg, PT MMIL Rp1.040 per kg, dan PT S3 sebesar Rp1.050 per kg.

Kemudian, lanjutnya, harga sawit di PT SAP Rp1.060 per kg, PT AMK Rp1.055 per kg, PT KAS Rp1.040 per kg, PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento Rp1.040 per kg, serta PT BMK Rp1.090 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018