Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara setempat akan dilaksanakan di IAIN Curup.

"Untuk tes dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) nantinya akan dilaksanakan di Rejang Lebong, karena BKN telah merestui untuk menggelar secara mandiri dan akan dilaksanakan di IAIN Curup," kata kepala BKPSDM Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju, di Rejang Lebong, Rabu.

Pelaksanaan tes CAT yang akan dilaksanakan di IAIN Curup tersebut tambah dia, saat ini masih menunggu tim survei dari BKN guna melihat kesiapan sarana dan prasana yang ada di tempat lokasi pelaksanaannya.

Sejauh ini pihak IAIN Curup sendiri sudah menyiapkan 100 unit komputer, jumlah ini sesuai dengan syarat minimun yang ditetapkan BKN agar bisa menggelar tes secara mandiri.

Kendati saat ini sudah diketahui ada 100 komputer yang sudah disiapkan oleh IAIN Curup, dirinya masih akan berkoordinasi dengan kampus tersebut agar bisa menyiapkan 200 unit komputer mengingat jumlah pendaftar seleksi CASN ini diperkirakan cukup banyak.

Pada proses seleksi CASN ini kata Khirdes, akan ada tes tambahan berupa tes wawancara dari panitia seleksi tingkat kabupaten, di mana tes diatur dalam peraturan Menpan-RB.

Dalam peraturan Menpan-RB itu berbunyi tiap-tiap daerah boleh menambahkan tes seperti kompetensi akademik, kemudian psikotes, tes kesehatan maupun tes wawancara. Untuk itu akan segera dibentuk tim pansel yang diketuai pejabat sekretaris daerah.

Proses seleksi CASN ini nantinya terdiri dari dua tahapan, pertama seleksi kemampuan dasar (SKD) dan seleksi kemampuan bidang (SKB). Untuk tes SKB ini nantinya hanya bisa diikuti oleh pelamar yang masuk dalam tiga besar tiap formasi setelah lulus tes SKD.

Sebelumnya Kabupaten Rejang Lebong menerima 270 formasi CASN dari pemerintah pusat dengan pembagian 170 formasi tenaga kependidikan, 76 formasi tenaga kesehatan dan 24 formasi tenaga teknis.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018