Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan ratusan bibit ayam kampung kepada empat kelompok wanita tani (KWT) di tiga kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Rejang Lebong, Solahudin di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan bantuan bibit ayam kampung ini akan diberikan kepada empat KWT yakni KWT Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, KWT Desa Suka Datang dan Desa Seguring, Kecamatan Curup Utara, dan KWT Desa Kampung Delima, Kecamatan Curup Timur.

"Bantuan bibit ayam kampung ini akan diberikan kepada empat KWT, di mana satu KWT beranggotakan 30 orang. Satu orang anggota akan mendapatkan delapan ekor ayam, sehingga total bantuan yang akan diterima KWT sebanyak 240 ekor ayam," ujarnya.

Bibit ayam kampung yang akan dibagikan kepada empat KWT tersebut kata dia, berasal dari ayam lokal yang dibeli dari masyarakat Rejang Lebong yang tersebar dalam 15 kecamatan.

Bantuan bibit ayam kampung yang dibagikan itu merupakan bagian dari program pemanfaatan pekarangan. Dalam program anggota KWT selain menerima bantuan bibit aneka sayuran untuk ditanam di pekarangan juga bibit ayam kampung.

Program pemanfaatan pekarangan yang mereka galakan itu kata Solahudin, merupakan bagian dari upaya ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Kelompok ibu-ibu rumah tanggal yang tergabung dalam KWT ini mendapatkan anggaran sebesar Rp35 juta untuk pengadaan bibit ayam dan aneka sayuran.

"Anggaran untuk program ini berasal dari pemerintah pusat dan disalurkan melalui Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu," tambah dia.

Dia berharap, bantuan ayam ini bisa berkembang sehingga bisa memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari penjualan sayuran atau telur ayam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018