Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Bupati Mukomuko Choirul Huda mengajak masyarakat setempat menjadikan Pancasila sebagai landasan untuk meningkatkan kedewasaaan dalam demokrasi pada Pemilu 2019.

"Terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mudah-mudahan pesta demokrasi legislatif, presiden pada tahun 2019 tidak terjadi apa-apa, justru tambah menyatukan kita," kata dia di Mukomuko, Selasa (2/10).

Ia mengatakan hal itu usai menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pencasila di Lapangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko.

Ia menyatakan dalam demokrasi boleh ada perbedaan, akan tetapi tetap menyatu.
 
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mukomuko. (Foto Antarabengkulu)


Untuk itu, kata dia, dengan menjadikan Pancasila sebagai landasan untuk meningkatkan kedewasaaan dalam demokrasi sehingga bangsa ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. 

Ia menjelaskan nilai-nilai Pancasila harus disebarkan, dipegang, dan digunakan dalam kehidupan masyarakat, sosial, budaya, dan ekonomi. 

Untuk itu, katanya, segala sesuatu bersumber dari Pancasila karena hal itu komitmen bersama. 

"Saatnya kita menyatukan bangsa ini dengan sebuah ideologi Pancasila. Jadi kita harus bangga punya Pancasila, kemudian menerapkan ke anak cucu kita," ujarnya. 

Ia menyebut banyak negara maju masih memegang nilai-nilai budaya.

"Begitu juga dengan bangsa ini masih memegang nilai Pancasila sebagai landasan untuk maju," katanya. (Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018