Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Hujan dengan intensitas lebat mengguyur 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, sejak Selasa pagi sehingga kemungkinan terjadinya bencana alam tanah longsor dan banjir bisa kapan saja terjadi.

Pantauan di Kabupaten Rejang Lebong, hujan deras disertai angin kecang ini terjadi sejak pukul 06.10 WIB. Kendati demikian hingga pukul 09.15 WIB belum didapati informasi adanya banjir maupun tanah longsor yang terjadi di daerah itu.

"Saat ini saya sedang berada di Kecamatan Padang Ulak Tanding, saya terus memonitor keadaan di lapangan. Saat ini belum ada laporan kejadian banjir maupun tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong," kata Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki saat dihubungi melalui handphonenya.

Dia mengimbau kalangan masyarakat Rejang Lebong agar selalu waspada, dan warga yang berdiam di daerah rawan bencana agar lebih dulu mengungsi ketempat lainnya yang aman sehingga tidak menjadi korban jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari petugas BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, M Fajar Handoyo menyebutkan, prakiraan cuaca?mulai Selasa (13/11) pukul 07.00 WIB hingga Rabu (14/11) pukul 07.00 WIB akan terjadi hujan dengan intensitas lebat pada pagi hari di Kota Bengkulu, Mukomuko, Bengkulu Utara, Kapahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Sedangkan untuk Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong, akan turun hujan dengan intesitas sedang.

Kemudian pada siang harinya hujan deras akan kembali terjadi di Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan serta Kaur. Dan untuk tujuh daerah lainnya yakni Kota Bengkulu, Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang serta Bengkulu Tengah, akan turun hujan dengan intesitas sedang.

Kondisi cuaca ini diperkirakan akan terus terjadi sampai sore hari, dan pada malam harinya akan terjadi hujan ringan dan sebagian daerah lainnya berawan.

Dalam kesempatan itu BMKG mengingatkan kalangan masyarakat Bengkulu untuk mewaspadai turunnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai dengan angin kencang dihampir seluruh daerah.

Selain itu BMKG juga mengimbau kalangan nelayan untuk mewaspadai tingginya gelombang di perairan Bengkulu Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu, yang bisa mencapai 3,5 meter.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018