Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Panitia Festival Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menutup sementara aktivitas pendakian gunung api di daerah itu selama tiga hari terhitung 15-18 November.

Ketua Panitia Festival Bukit Kaba 2018, Sigit Pribadi ditemui di kantor BKSDA wilayah I Rejang Lebong, Kamis, mengatakan penutupan aktivitas pendakian ini karena akan dilaksanakannya festival yang bertujuan mempromosikan taman wisata alam (TWA) Bukit Kaba tersebut.

"Dilakukan penutupan sementara selama tiga hari, karena akan dilaksanakan kegiatan Festival Bukit Kaba. Penutupan ini agar tidak mengganggu kegiatan, dan jika sudah selesai akan kita buka kembali," ujarnya.

Penutupan aktivitas pendakian Gunung Api Bukit Kaba itu sendiri dilakukan, guna mendukung pelaksanaan festival yang akan diisi dengan kegiatan lomba lintas alam, pemilihan duta Bukit Kaba, lomba fotografi serta pagelaran seni budaya daerah.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Festival Bukit Kaba 2018 kata dia, mulai dilaksanakan hari itu, di mana untuk lomba fotografi sudah dilaksanakan dengan jumlah foto yang masuk sebanyak 95 lembar dan telah ditemukan tiga orang sebagai pemenangnya.

Sedangkan untuk lomba lintas alam akan dilaksanakan pada Sabtu (17/11), dan rencananya akan diikuti oleh 25 kelompok, yang per regunya beranggotakan lima orang, dengan peserta terjauh berasal dari Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Kemudian untuk pemilihan Duta Bukit Kaba peserta yang mendaftarkan diri mencapai 59 orang, dan telah dipilih 20 finalisnya yang terdiri dari 10 peserta laki-laki dan 10 peserta perempuan.

"Para finalis ini sudah memasuki tahap karantina di BKSDA Bengkulu, dan hari ini (Kamis, 15/11) akan bertolak ke lokasi kegiatan di kaki Bukit Kaba yakni di Desa Sumber Urip. Acara pemilihannya akan dilaksanakan Sabtu malam bersamaan pembagian hadiah lomba," katanya.

Sedangkan untuk pagelaran seni budaya daerah berupa pementasan seni kuda kepang dan kesenian lainnya akan dilaksanakan mulai Sabtu pagi hingga malam puncak Festival Bukit Kaba yang rencananya akan dihadiri oleh Plt Gubernur Bengkulu dan pejabat lainnya.

Dia berharap, kegiatan yang mereka laksanakan itu nantinya bisa mempromosikan TWA Bukit Kaba dan potensi wisata di Rejang Lebong kepada masyarakat luas sehingga nantinya akan meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke daerah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018