Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Sejumlah turis mancanegara yang turut hadir pada kegiatan Bengkulu Expo 2018, mereka terlihat antusias ikut memainkan alat musik tradisional Provinsi Bengkulu pada kegiatan Festival Dol.

Turis asal Kroasia, Tn Luka Tikficki, di Bengkulu, Sabtu, mengatakan ia bersama sejumlah rekannya bahkan terlibat aktif sejak latihan persiapan musik dol.

"Ini pengalaman yang indah, saya bermain disini bersama yang lainnya, memainkan alat musik drum (dol Bengkulu)," kata dia.

Pada pengalaman pertamanya ke Pulau Sumatera, lanjut Luka, ia disuguhkan pesona seni alat musik yang menarik, permainannya memberikan kesan gembira serta semangat.

"Kami bermain bersama (dengan warga Bengkulu), baik di panggung atas dan bawah. Selamat ulang tahun Bengkulu," tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan pelaksana Festival Dol, Rustam Efendi, menyebutkan, festival tersebut akan berkolaborasi dengan sejumlah musik tradisional sejumlah negara.

"Ada dari Bangladesh, Kroasia, Rusia, dan Korea," kata dia.

Tidak hanya alat musiknya saja, tetapi turis asal negara tersebut juga akan terlihat aktif dalam festival dengan memainkan alat musik mereka.

"Mereka juga akan menampilkan koreografi dan tariannya juga, nanti akan kita kolaborasikan sedemikian rupa," tutup Rustam.

Festival ini akan digelar pada Senin, 19 November 2018 di lokasi Bengkulu Expo 2018, Rustam mengajak seluruh masyarakat untuk ikut memeriahkan dan melihat penampilan musik tradisional Bengkulu berkolaborasi dengan mancanegara.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018