Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Harga beberapa jenis sayuran di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, seperti tomat, kol bulat, daun bawang dan seledri menjelang akhir tahun 2018 mulai beranjak naik.

"Di tingkat petani harga tomat saat ini berkisar Rp5.000 sampai Rp7.500 per kg, atau naik cukup tinggi dari sebelumnya Rp3.500 per kg. Selain tomat beberapa jenis sayuran lainnya juga naik," kata Jumiaty, petani tomat di Jalan Padat Karya Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Rabu.

Naiknya harga jual tomat dan beberapa jenis sayuran lainnya tambah dia, karena saat ini hasil panennya sedikit menyusul banyaknya lahan warga yang gagal panen akibat diserang hama penyakit saat musim hujan seperti sekarang ini.

Dia berharapa jual buah tomat ini bisa bertahan sampai akhir tahun nanti, sehingga tanaman yang ditanamnya diatas lahan seluas 200 meter persegi itu bisa memberikan keuntungan mengingat harga jual sayuran sebelumnya selalu anjlok.

Di tempat terpisah Selamet petani sayuran di kawasan Simpang Embacang, Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, menyatakan selain tomat yang mengalami kenaikan juga dialami sayuran seperti kol bulat, daun bawang dan daun seledri.

"Kalau kol bulat saat ini dipetani mencapai Rp6.000 per kg, kemudian daun bawang 12.000 per kg dan seledri juga Rp12.000 per kg. Harga sayuran ini sejak beberapa hari lalu, dan mudah-mudahan bisa bertahan lama," ujarnya.

Naiknya harga jual beberapa jenis sayuran di daerah itu kata Selamet, membuat petani haru berjaga dan menginap di kebun mereka, karena maraknya aksi pencurian yang dilakukan oleh orang tidak dikenal pada malam hari.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018