Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Indonesia, Rajab Ritonga di Bengkulu, Sabtu malam, mengatakan sebanyak 10.538 wartawan di Tanah Air saat sudah mengikuti uji kompetensi.

"Jumlah sebelumnya sebanyak 10.488 wartawan sudah menjalani uji kompetensi, dan hari ini tadi ditambah lagi 48 orang wartawan Bengkulu yang dinyatakan lulus uji kompetensi sehingga totalnya se Indonesia mencapai 10.538 orang," kata dia usai menutup UKW angkatan VIII yang dilaksanakan PWI Bengkulu di salah satu hotel di Bengkulu.

Dengan bertambahnya jumlah wartawan yang sudah menjalani uji kompetensi tersebut, ujar mantan Direktur Pemberitaan LKBN Antara ini diharapkan nantinya kualitas wartawan Indonesia akan menjadi lebih baik lagi dan tidak kalah dengan wartawan yang ada di luar negeri.

Sementara itu Wakil Ketua PWI Pusat Bidang Organisasi, Firdaus, menambahkan jumlah wartawan Indonesia yang sudah menjalani uji kompetensi yang diselenggarakan oleh PWI, AJI dan IJTI, sejak beberapa tahun belakangan.

"Pelaksanaan UKW ini sudah dilakukan di 388 kota dengan jumlah pesertanya yang dinyatakan berkompeten termasuk yang di Bengkulu ini sehingga jumlahnya mencapai 10.538 orang," ujar dia.

Pada pelaksanaan UKW PWI Bengkulu kali ini kata Firdaus, diikuti oleh 57 wartawan yang terbagi di kelas muda, madya dan utama, di mana dalam pelaksanaannya sebanyak sembilan orang dinyatakan tidak kompeten dan 48 orang dinyatakan berkompeten.

"Saya juga merasa salut, kendati pada pelaksanaan ini ada sembilan orang yang dinyatakan tidak berkompeten namun bisa mengikutinya sampai acara penutupan. Bagi yang belum berkompeten ini nantinya mengikuti UKW di lain waktu," tambah dia.

Sedangkan Plt Ketua PWI Bengkulu, Syahyarudin dalam laporannya mengatakan kalangan wartawan Indonesia wajib mengikutinya sebagai syarat mengetahui kompetensi seseorang wartawan dalam menjalankan tugasnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018