Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan semua puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah ini terakreditasi pada 2019, sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat setempat.

"Sebanyak 13 dari 17 puskesmas yang terakreditasi, sisanya sebanyak empat puskesmas dalam tahun ini,” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jhoni di Mukomuko.

Akreditasi sebanyak 13 dari 17 puskemas yanga ada daerah ini mulai sejak tahun 2016 sebanyak dua puskesmas, yakni puskemas Dusun Baru V Koto dan puskemas Kecamatan Penarik.

Kemudian tahun 2017 sebanyak lima puskemas yang telah terakreditasi, yakni puskemas Kecamatan Air Manjuto, puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang, puskesmas Ipuh, puskemas Air Rami dan puskemas Kota Mukomuko.

Sedangkan tahun 2018 tim Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah melakukan penilaian terhadap enam puskemas di daerah ini, namun hasil penilaiannya belum keluar.

“Kemungkinan hasil penilaian terhadap enam puskemas tersebut keluar dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Sebanyak enam puskesmas yang telah dinilai oleh Tim Suveyer Akreditasi Kementrian Kesehatan tahun 2018, yakni puskesmas Desa Retak Mudik, puskemas Kecamatan Pondok Suguh, puskemas di Desa Bantal, puskemas Kecamatan Teras Terunjam, puskesmas di Desa Tunggal Jaya dan puskemas Desa Lubuk Sanai.

Instansinya tahun ini mengusulkan akreditasi sebanyak empat puskesmas, yakni puskesmas Desa Lalang Luas, puskesmas Kecamatan Selagan Raya, puskesmas Desa Bukit Mulya dan puskesmas Kecamatan Malin Deman.

Ia memperkirakan, Tim Suveyer Akreditasi Kementrian Kesehatan melakukan penilaian terhadap empat puskemas di daerah ini pada akhir tahun ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019