Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun ini akan membangun dua tempat percontohan budi daya ikan air tawar di daerah ini.

“Kita membangun dua tempat percontohan budi ikan di lahan milik dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kecamatan Penarik dan Air Manjuto,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, anggaran pembangunan dua tempat percontohan budi daya ikan air tawar di daerah ini sebesar Rp50 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun ini.

Ia menyatakan, anggaran sebesar itu untuk membeli berbagai peralatan budi daya ikan air tawar seperti pakan ikan dan waring, sedangkan benih ikan air tawar diambil dari Balai Benih Ikan di Kecamatan Lubuk Pinang.

Selanjutnya, berbagai peralatan budi daya ikan air tawar tersebut diserahkan kepada dua pokdakan di daerah ini lalu mereka yang membangun tempat percontohan budi daya ikan.

Selain itu, katanya, petugas instansinya akan mendampingi dua pokdakan yang memiliki lahan untuk tempat percontohan budi daya ikan dalam melakukan aktivitas budi daya ikan air.

Selanjutnya, warga masyarakat yang memiliki kolam ikan di daerah ini bisa belajar cara budi daya ikan air tawar yang baik di dua tempat percontohan budi daya ikan air tawar di daerah ini.

Ia menyatakan, pembangunan dua tempat pencontohan budi daya ikan air tawar di daerah ini bertujuan untuk pengembangan budi daya ikan air tawar yang ada di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019