Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan dua BUMDes di daerah itu akan menerima bantuan program pengembangan inovasi desa (PPID) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan program PPID tersebut merupakan program unggulan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang mulai dikucurkan tahun ini.

"Ada dua BUMDes yang sudah dipastikan mendapatkan bantuan program PPID dari Kemendes PDTT yakni BUMDes Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan dan BUMDes Air Putih Kali Bandung, Kecamatan Selupu Rejang," katanya.

Kedua BUMDes itu, tambah dia, nantinya masing-masing BUMDes akan menerima bantuan modal usaha dengan besaran Rp1,5 miliar.

Sedangkan untuk dua BUMDes lainnya yakni BUMDes Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang dan BUMDes IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, saat ini baru dalam proses usulan dan penilaian dari pihak Kemendes PDTT.

Sementara itu, selain menerima bantuan program PPID kata dia, BUMDes di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini juga akan menerima penambahan modal usaha yang akan diberikan kepada 10 BUMDes.

Sebelumnya pada 2018 lalu program bantuan penambahan modal usaha BUMDes ini juga sudah dikucurkan oleh Kemendes PDTT dengan jumlah penerima 15 desa tersebar dalam 14 kecamatan, di mana besaran bantuan pengembangan modal usaha ini diberikan Rp50 juta per BUMDes.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019