Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menggelar sarasehan tari gandai asli, budaya asli daerah ini agar tetap eksis di era globalisasi sekarang ini.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko mengundang berbagai pihak terkait, termasuk sejumlah tokoh yang konsen terhadap tari gandai  pada acara sarasehan di daerah ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Ruslan melalui Sekretarisnya Jaluliwan mengatakan kegiatan sarasehan ini selain untuk memperkokoh eksistensi tari gandai dalam era globalisasi, serta mempersiapkan tari gandai ini menuju rekor muri.

“Kita berharap semua pihak terkait di daerah ini, terutama tokoh yang konsen terhadap tari gandai ini untuk ikut bersama-sama mendukung kegiatan pemeerintah untuk mempersiapkan tari gandai menuju rekor muri,” ujarnya pula.

Selain itu, kegiatan sarasehan ini juga bertujuan untuk melestarikan tari gandai daerah ini agar keberadaan tidak punah di era globalisasi sekarang ini.

Pemerintah setempat bersama dengan PWI dan seluruh camat di daerah ini terus mematangkan persiapan dengan menggelar pelatihan tari gandai untuk menuju rekor muri.

Pemerintah setempat bersama dengan PWI dan camat sebelumnya telah sebanyak lima zona untuk pelatihan tari gandai yang mencakup sebanyak 15 kecamatan di daerah ini.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan sarasehan budaya tari gandai dan pencacatan rekor muri tari gandai bisa memperkenalkan budaya daerah ini di tingkat nasional dan internasional.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019