Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau kepada para nelayan untuk mewaspadai gelombang laut tinggi empat meter di perairan Barat Bengkulu.

Prakiraan gelombang empat meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, Perairan Enggano hingga  Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Rabu.

Dalam prakiraan sementara, kata dia, gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata 3,5 meter, namun tetap berpotensi mencapai empat meter.

Ia menjelaskan, angin di wilayah perairan Bengkulu berhembus dari arah Tenggar hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-22 knots.

Selanjutnya angin diperairan Enggano juga dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 10-23 knots, sedangkan angin di Barat Bengkulu juga bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 12-24 knots, ujarnya.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, Sebagian Sumatera Utara, Sebagian Sumatera barat, Perairan Mentawai.  Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya cerah berawan, terutama di wilayah Mukomuko, Kota Bengkulu dan kabupaten Bengkulu Selatan, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat dan kelembaban antara 56-94 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012