Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengajak peneliti bunga rafflesia dari Universitas Bengkulu untuk mengindetifikasi jenis dan model bunga langka yang mekar dekat sawah petani di Desa Talang Baru.

“Kami telah menghubungi peneliti bunga rafflesia dan peneliti ini bersedia datang ke daerah ini untuk meneliti dan mengindetifikasi jenis bunga, model dan perkembangannya,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu usai menghubungi seorang peneliti bunga rafflesia sekaligus salah satu dosen Kehutanan di Universitas Bengkulu melalui via telepon genggam dari daerah ini.


Baca juga: Bunga Rafflesia mekar di Mukomuko
Baca juga: Dua Rafflesia pink pucat mekar di Kaur dan Mukomuko

Ia mengatakan, peneliti bunga langka ini datang ke daerah ini saat bunga rafflesia tersebut mekar. Peneliti ini membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk meneliti bunga tersebut.

Ia menyatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Talang Baru Dahri Iskandar terkait kedatangan peneliti bunga rafflesia ke lokasi bunga rafflesia mekar.

Ia minta, kepala desa setempat memberikan informasi apabila ada bunga rafflesia yang mekar di wilayahnya.

“Sebanyak sembilan bonggol bunga refflesia di Desa Talang Baru. bungga rafflesia ini kemungkinan mekar apabila hujan turun dalam beberapa hari di wilayah tersebut,” ujarnya.

Ia berharap, kedatangan peneliti ini dapat memberikan gambaran kepada dinas ini terkait dengan jenis, model dan perkembangan bunga rafflesia tersebut.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019