Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan wilayah setempat pada kurun waktu 12 jam ke depan berpeluang cerah dan berawan.

"Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan berada di wilayah Sumatera Utara, Bengkulu dan Nias," kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti.

Ia mengatakan, pada hari yang sama juga berpeluang turun hujan ringan antara lain terjadi di Perairan Nias, Sebagian Sumatera barat, Perairan Kepulauan Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 34 km/ jam atau 05 - 18 knots.

Cauaca cerah dan berawan itu antara lain terjadi di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Kaur hingga Kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 17-30 derajat Celcius dan kelembaban berkisar 60-96 persen.

Ia juga memprakirakan gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata tinggi dua meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai tiga meter.

Angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-20 knots dan angin di perairan Enggano berhembus dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 10-20 knots.

Sedangkan gelombang laut di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu mencapai tiga meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 12 hingga 22 knots, ujarnya. (z005)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012