Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan 16 SMP di daerah itu siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Tarsisius Samuji di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut saat ini sudah melaksanakan kegiatan pra UNBK seperti uji coba di masing-masing sekolah, dan hasilnya tidak ada kendala yang mereka hadapi.

"Mereka sudah melakukan uji coba dan sejauh ini tidak ada kendala, sedangkan untuk sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil(UNKP) saat ini matrik soalnya sedang dipersiapkan panitia," ujarnya.

Pihaknya sendiri menargetkan kelulusan siswa SMP yang akan mengikuti UNBK maupun UNKP pada 2019 adalah 100 persen, mengingat kelulusan siswa saat ini ditentukan oleh sekolah masing-masing.

Hasil UNBK dan UNKP itu merupakan salah satu bagian penentu kelulusan siswa.

"Yang menentukan kelulusan ini adalah sekolah masing-masing dengan mempertimbangkan bagaimana karakternya anak, kompetensi keilmuannya dan tidak semata-mata berdasarkan kompetensi ilmiah saja tetapi juga kemampuan bersosialisasi kawan dan masyarakat," kata Tarsisius.

Selain 16 SMP yang akan mengikuti UNBK kata dia, juga kalangan warga yang mengikuti ujian kesetaraan tingkat SMP atau paket-B juga akan melaksanakan UNBK yang pelaksanaanya di pusatkan di SMAN 2 Rejang Lebong.

Sementara itu, jumlah sekolah yang akan melaksanakan UNBK di wilayah tersebut pada 2019 bertambah dibandingkan dengan 2018 yang hanya diikuti sembilan sekolah, dari total 52 SMP di Rejang Lebong yang terdiri dari 44 SMP Negeri dan delapan SMP swasta.

Sekolah SMP yang akan melaksanakan UNBK itu sendiri selain berada di dalam perkotaan juga di kecamatan.

Salah satunya adalah SMPN 35 Desa Bukit Batu di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding yang berjarak 10 KM dari ibu kota kecamatan, di mana UNBK yang mereka adakan ini merupakan tahun kedua setelah pada 2018 juga melaksanakan ujian serupa.

Sesuai dengan jadwalnya pelaksanaan UNBK ini akan dilaksanakan pada 9,10, 13 dan 14 April 2019 atau tiga hari sebelum pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019