Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sebanyak enam puskesmas yang mengikuti survey akreditasi tahun 2018 dinyatakan lulus oleh Tim Surveyer Akreditasi Kementrian Kesehatan RI.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jhoni di Mukomuko, Jumat, menyebutkan sebanyak enam puskemas yang lulus akreditasi ini tersebar di Desa Lubuk Sanai, Desa Tunggal Jaya, Desa Retak Mudik dan Desa Bantal, Desa Pondok Suguh dan Teras Terunjam.

Dari sebanyak enam puskesmas tersebut, sebanyak dua puskemas di antaranya lulus akreditasi dengan predikat Madya, yakni puskesmas Desa Lubuk Sanai dan puskesmas Desa Pondok Suguh.

Sedangkan sebanyak empat puskesmas lainnya yang tersebar di Desa Tunggal Jaya, Desa Retak Mudik, Desa Bantal dan Desa Teras Terunjam lulus akreditasi dengan predikat dasar.  

Menurutnya, hanya dua dari enam puskemas di daerah ini yang lulus akreditasi dengan predikat madya karena hasil survey akreditasi hubungan puskemas ini dengan lintas sektoral di wilayahnya.

Ia menyatakan, Tim Survayer Skreditasi Kementrian Kesehatan RI yang langsung melakukan survey dan penilaian untuk mengetahui hubungan puskesmas dengan lintas sektoral di wilayahnya masing-masing.

Selanjutnya, ia mengusulkan akreditasi sebanyak enam puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah itu tahun ini.

Ia menjelaskan, tim Surveyor Akreditasi Kementrian Kesehatan RI yang akan menilai berbagai fasilitas yang tersedia di enam puskesmas sekaligus kesiapan tenaga medis di puskesmas tersebut.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019