Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di peraiaran Bengkulu pada Selasa mencapai 3,5 meter, lebih tinggi dari sebelumnya 2,5 meter.

Gelombang laut 3,5 meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu hingga perairan Lampung, kata analis BMKG stasiun Meteorologi Fatmwati Seokarno Bengkulu Suparwi, di Bengkulu, Selasa.

Ia menjelaskan, angin di perairan Bengkulu berpeluang berhmebus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-21 knots, dan membuat wilayah itu berpeluang untuk berawan.

Selanjutnya angin di perairan Enggano diperkirakan bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 07-21 knots. Sedangkan angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-22 knots, sehingga di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, wilayah Riau, wilayah Sumatera Barat hingga sebagian wilayah Jambi, ujarnya.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 38 km/ jam atau 05 - 21 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berawan, terutama di Kota Bengkulu, Seluma dan Kabupaten Kaur, suhu udara antara 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 57-94 persen.

Sedangkan di wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, dengan suhu udara berkisar 19-30 derajat celcius dan kelembaban 65-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012