Morotai (ANTARA Bengkulu) - Tari Soya-soya yang dibawakan tim kesenian Provinsi Maluku Utara akan mengawali pembukaan Sail Morotai 2012.

Pantauan ANTARA di lokasi acara pembukaan Sail Morotai di Desa Juanga Kabupaten Pulau Morotai, Sabtu, tamu dan para undangan terus berdatangan memadati kursi di bawah tenda yang sudah disediakan panitia.

Di antara para undangan yang sudah hadir antara lain Menteri Pertanian Suswono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dan juga terlihat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Para veteran Perang Dunia II dari Amerika Serikat dan sekutu yang diundang pada "Sail Morotai" juga sudah hadir di tempat acara.

Sebelumnya iring-iringan kapal layar "yacht" yang berasal dari Belanda, Belgia, Vanuatu dan sejumlah negara lainnya melintasi lokasi acara yang tepat berada di bibir pantai di Desa Juanga.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencananya akan membuka puncak "Sail Morotai 2012".

Sambil menunggu kedatangan Presiden, undangan disuguhi lagu-lagu tradisional Indonesia.

Rangkaian acara puncak "Sail Morotai" antara lain penampilan kesenian berjudul Kemilau Mutiara di bibir Pasifik dan acara puncak simbolis dengan pemukulan tifa serta penandatanganan monumen Trikora. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012