Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan memamerkan sejumlah produk unggulan termasuk bahan tambang dalam "China-ASEAN Expo" di Provinsi Guang Xi, China pada 24 September 2012.

"Termasuk potensi tambang akan dipamerkan mulai dari potensi emas, batu bara, pasir biji besi hingga batu gamping untuk bahan baku semen," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bengkulu Karyamin di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan dikoordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, di mana Bengkulu akan mewakili Indonesia dalam pameran tersebut.

Hasil pembahasan di tingkat Pemprov Bengkulu, investasi yang diharapkan ditarik ke Bengkulu adalah sektor hilir baik dari pertambangan, pertanian dan perkebunan.

"Kami menawarkan investasi hilir seperti batu bara untuk pembangunan pembangkit tenaga uap, batu gamping untuk pabrik semen, begitu juga dengan produk tambang lainnya," paparnya.

Karyamin mengatakan potensi panas bumi juga akan dipamerkan di China dengan harapan untuk menarik investasi yang bergerak di bidang pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Bengkulu, menurut dia memiliki satu blok yang akan ditetapkan wilayah kuasa pertambangannya dari Kementerian ESDM.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu Ali Musramin mengatakan selain mengikutsertakan Dinas ESDM, pameran tersebut juga akan diikuti Dinas Perkebunan, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Pariwisata.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengatakan potensi pengembangan hilirisasi produk perkebunan masih terbuka lebar.

"Industri hilir empat komoditi unggulan perkebunan masih terbuka yakni sawit, karet, kopi dan kakao," ucapnya.

Ia mengharapkan pameran tersebut dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di bidang hilir perkebunan.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Supriyani mengatakan untuk industri kecil dan menengah akan membawa berbagai produk antara lain batik Bengkulu yang disebut "besurek" dan kerajinan dari bahan kulit kayu lantung.

"Beberapa perajin juga akan diikutsertakan, batik khas Bengkulu dan kerajinan tangan berbahan ramah lingkungan yaitu kulit kayu lantung akan dipamerkan," tuturnya. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012