Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini menyiapkan anggaran pembangunan sarana penunjang pariwisata di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) sebesar Rp1,550 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Darmansyah di Rejang Lebong, Senin, mengatakan penyiapan anggaran tersebut guna membangun sarana pendukung di kawasan wisata DMHB yang akan dijadikan lokasi kegiatan Garden Flower Festival dalam rangka Wonderful Bengkulu 2020 mendatang.

"Anggaran yang sudah disiapkan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 ini, akan digunakan untuk membangun fasilitas penunjang di kawasan DMHB seperti pembangunan rumah ibadah, pergola dan lokasi untuk selfie," katanya.

Anggaran pembangunan sarana prasarana yang sudah disiapkan melalui dinas pariwisata setempat kata dia, lebih dari Rp1,5 miliar antara lain pembangunan rumah ibadah senilai Rp800 juta, kemudian pembangunan pergola atau sejenis bangunan untuk tempat bunga sebesar Rp600 juta.

Selanjutnya adalah pembangunan sarana penunjang lainnya berupa taman bunga yang dilengkapi titik-titik untuk berswafoto atau selfie dengan besaran anggaran yang disiapkan sebesar Rp150 juta.

Selain itu, kita juga akan menambah pot bunga serta menambah penerangan diseputaran kawasan DMHB serta pembebasan lahan untuk pembuatan pintu keluar lainnya ke kawasan DMHB," tambah dia.

Lahan yang akan dibebaskan ini kata dia, berada di samping gereja tidak jauh dari Simpang Bukit Kaba, di mana lahan ini nantinya akan dijadikan pintu keluar ini nantinya akan mengurangi penumpukan pengunjung yang akan keluar dari DMHB.

Pembangunan sarana pendukung di kawasan wisata ini selain dilakukan oleh dinas pariwisata kata Darmansyah, juga dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dari dinas pekerjaan umum setempat berupa pembangunan jalan lingkar dan beberapa gedung lainnya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019