Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mendorong kalangan masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi parwisata yang ada di daerah itu.

"Silahkan kembangkan potensi pariwisata yang ada di desa atau kelurahan masing-masing guna mendukung program pembentukan Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota wisata. Pengembangan potensi pariwisata ini selain bisa dikembangkan perorangan juga bisa dengan memanfaatkan dana desa," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong Darmansyah, di Rejang Lebong, Kamis.

Potensi pengembangan pariwisata yang bisa dilakukan warga tambah dia, ialah pengembangan wisata alam, di mana keadaan geografis Kabupaten Rejang Lebong yang berupa berbukitan menjadikan daerah itu sebagai wilayah yang menarik jika dijadikan tempat wisata.

Kondisi iklim Rejang Lebong yang sejuk dan asri serta udaranya belum tercemar, akan menjadi daya tarik orang untuk datang ke Rejang Lebong guna menikmatinya lokasi wisata yang ada di sejumlah tempat di wilayah itu.

Dukungan yang diberikan pemda setempat kepada warga yang akan mengembangkan potensi wisata ini ialah dengan memberikan kemudahan perizinan, kemudian membangun sarana dan prasarana pendukung terutama akses jalan menuju sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah itu.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Rejang Lebong RA Denni menjelaskan, jika potensi pariwisata Rejang Lebong tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.
"Objek wisata di Rejang Lebong ini tidak kalah dengan daerah lainnya, disini ada air terjun, sumber air panas, gunung Kaba, Danau Mas Harun Bestari, taman bunga dan lainnya," kata dia.

Untuk memudahkan pengunjung datang ke sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah itu, Pemkab Rejang Lebong secara bertahap telah membangun sarana pendukung berupa jalan, tempat parkir, rumah ibadah, kamar mandi, shelter serta sarana lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019