Pihak Kepolisian Resor Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini tengah mempersiapkan 600 personel gabungan pengamanan pemilu serentak di daerah itu yang terdiri dari anggota Polri, TNI dan Linmas.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, usai memimpin apel gelar pasukan Mantab Brata Nala 2019 bertempat di Lapangan Dwi Tunggal Curup, Jumat, mengatakan personel gabungan ini nantinya akan terlibat dalam pengamanan 806 TPS pada hari pemungutan suara 17 April mendatang.

"Personel gabungan yang sudah kita siapkan mencapai 600 personel yang terdiri dari Polri, TNI, serta Linmas. Nantinya mereka ini akan mengamankan 806 TPS yang ada di Rejang Lebong," kata dia.

Selain telah menyiapkan personel gabungan, pihaknya juga sudah menyiapkan pola pengamanan yang akan dilaksanakan pada saat pemungutan suara nantinya mengingat personel yang ada tidak sebanding jumlah TPS yakni dengan pola 5.1.1 (lima TPS diamankan satu orang petugas Polri/TNI ditambah satu petugas Linmas).

"Untuk titik kerawanan kita perkirakan ada tiga TPS, tapi ini kerawanan geografis karena letaknya paling jauh seperti di kawasan Bengko, Kecamatan Sindang Dataran," tambah dia.

Dia meminta dukungan dari kalangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong guna menjaga kondisi keamanan dan kenyamanan di masing-masing wilayah sehingga nantinya bisa menciptakan pemilu aman dan damai.

Sementara itu, Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman mengatakan, pada hari H pemungutan suara seluruh personel TNI di wilayah itu akan dikerahkan ke lapangan dan hanya tinggal petugas jaga saja.

"Personel Kodim 0409/Rejang Lebong akan dibagi menjadi tiga bagian, karena teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong membawahi tiga kabupaten yakni Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang. Masing-masing kabupaten ini akan ditempatkan personel TNI sebanyak 125 orang," jelasnya.

Pengamanan yang dilakukan oleh anggota TNI itu sendiri kata dia, dia tidak berdiri sendiri dan akan bekerjasama dengan Polri mengingat personel pengamanan yang ada tidak sebanding dengan jumlah TPS yang ada di masing-masing daerah.

Pada kegiatan apel gelar pasukan Mantab Brata Nala 2019 yang dilaksanakan Polres Rejang Lebong ini selain dilakukan pembacaan amanat Menkopolhukam, kemudian gelar pasukan, simulasi pengaman di TPS serta patroli bersama keliling kota.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019