Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Sabtu, menyosialisasikan pemilu serentak di kalangan pemilih pemula yang ada di daerah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo di Sekretariat KPU Rejang Lebon mengatakan, program sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula ini mereka gelar dalam bentuk kirap pemilih pemula yang berasal dari pelajar tingkat SMA sederajat di wilayah itu serta konser musik yang di gelar di depan gedung KPU setempat.

"Kegiatan ini merupakan ajang untuk menyosialisasikan pemilu serentak pada 17 April mendatang, sehingga diharapkan nantinya partisipasi pemilih dari kalangan pemilih pemula ini bisa meningkat," ujarnya.

Sosialisasi pemilu di kalangan pemilih pemula di daerah tersebut kata dia, menjadi fokus perhatian penyelenggaran pemilu karena mereka belum pernah mengikuti pemilu maupun Pilkada, sehingga harus diberikan pemahaman pentingnya menggunakan hak pilih dan tidak golput.

Pemilu serentak yang akan dilaksanakan ini sangat penting diikuti oleh kalangan pemilih pemula, karena suara yang diberikan masyarakat Indonesia dengan cara mendatangi masing-masing TPS pada 17 April mendatang nantinya akan menentukan wakil-wakil rakyat serta pemimpin mereka lima tahun kedepan.

Pihaknya sendiri tambah dia, pada pemilu kali ini menargetkan partisipasi masyarakat pemilih di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 80 persen, atau lebih tinggi dari partisipasi pemilih pada pemilu sebelumnya berkisar 77 persen.

Selain menggelar kegiatan kirab dan konser musik guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula di daerah itu, pihaknya kata dia, juga sudah melakukan kegiatan sosialisasi secara langsung maupun melalui perpanpajangan tangan KPU yakni relawan demokrasi dengan sasaran berbagai basis atau komunitas yang ada di Rejang Lebong.

Kegiatan kirap pemilih pemula dan konser musik pemilu yang digelar KPU Rejang Lebong bekerja sama dengan BE event organizer dengan menghadirkan grup band lokal Bengkulu Antermoe, selain itu panitia juga menyiapkan doorprize menarik bagi para peserta yang mengikutinya.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019