Paris,  (ANTARA/AFP) - Liverpool nyaris membayar mahal keputusan mereka untuk menurunkan tim lapis kedua pada pertandingan pembuka Grup A Liga Europa, dengan klub Swiss, Young Boys, di Bern pada Kamis (Jumat WIB), namun mereka akhirnya berhasil mengamankan kemenangan 5-3.
        
Raksasa Merseyside ini merupakan satu-satunya klub Inggris yang meraih kemenangan pada malam ini, karena Newcastle ditahan imbang 0-0 di Maritimo, dan Tottenham Hotspur juga bermain imbang tanpa gol saat menjamu Lazio.
        
Kapten Steven Gerrard, kiper Jose Reina, penyerang Luis Suarez, bek-bek pilihan pertama, Glen Johnson, Martin Skrtel, Daniel Agger, dan gelandang internasional Wales, Joe Allen, semuanya ditinggal di Merseyside.
        
Dan keputusan Brendan Rodgers tersebut tampaknya menjadi bumerang, saat menghadapi klub Swiss yang ngotot ini, dalam pertandingan yang berlimpah dengan peluang mencetak gol.
        
Liverpool, yang memainkan pertandingan Piala UEFA dan Liga Europa ke-100nya, unggul 1-0 saat pertandingan baru berlangsung empat menit berkat gol bunuh diri Juhani Ojala.
        
Bola hasil sundulan Cristoph Spycher membentur kepala Ojala, dan bergerak melewati kiper Marco Wolfli.
        
Namun Raphael Nuzzolo menyamakan kedudukan bagi Young Boys, sebelum Andre Wisdom mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool di babak pertama.
        
Tim tuan rumah kemudian berbalik unggul melalui gol-gol yang dicetak Ojala, dan penyelesaian bagus Gonzalo Zarate pada menit ke-63.
        
Namun Sebastian Coates menyamakan kedudukan menjadi 3-3, dan penampilan impresif pemain pengganti, Jonjo Shelvey, mencetak dua gol untuk membuat kedudukan di papan skor menjadi sangat menguntungkan Liverpool.
        
Rodgers, yang timnya akan berhadapan dengan Manchester United di kancah Liga Utama Inggris pada Minggu, mengatakan ia selalu memiliki kepercayaan terhadap pemain-pemain muda.
        
"Saya tidak melihat ini sebagai hal hebat atau keberanian, saya hanya mempercayai para pemainku," ucapnya.
        
"mereka masih sesuai dengan bagaimana permainan yang saya ingin mainkan, kami telah melalui perjalanan panjang. Hal terpenting adalah karakteristik pada perjuangan kami."
   
Rival Liverpool di Liga Utama Inggris harus puas dengan hasil imbang tanpa gol dengan tuan rumah Maritimo Funchal, yang bermarkas di Madeira.
        
Newcastle memiliki tiga peluang bagus di mulut gawang, namun semuanya membentur tiang gawang, peluang pertama dimiliki Dan Gosling, dan dua peluang lain didapatkan oleh kapten Shola Ameobi.
        
Mereka beruntung karena sundulan pemain Maritimo, Valentin Roberge, membentur miistar gawang pada menit ke-80.
        
Andre Villas-Boas masih harus menunggu kemenangan kandang pertamanya sebagai manajer Tottenham, setelah timnya ditahan imbang 0-0 oleh Lazio di White Hart Lane.
        
Keberuntungan Tottenham menguap ketika tiga gol pasukan Villas-Boas harus dianulir wasit - termasuk satu gol dari tandukan bagus Clint Dempsey.
        
"Saya pikir diriku sejajar dengan garis, itu adalah bola bagus dari (Gareth) Bale, dan saat saya melakukannya saya berpikir saya telah membuka akunku, namun itu ternyata offside," kata DEmpsey.
        
"Terkadang hal itu terjadi, mereka bertahan dengan baik, membangun serangan balik, dan tangguh saat ditekan."  
   
Juara bertahan Liga Europa, Atletico Madrid, memulai perjalanan mereka untuk mempertahankan gelar dengan meraih kemenangan meyakinkan 3-0 atas klub Israel, Hapoel Tel Aviv.
        
Gol-gol dari Cristian Rodriguez dan Diego Costa pada babak pertama, yang diikuti oleh gol ketiga dari Raul Garcia pada babak kedua, membuat klub Spanyol itu memperpanjang rentetan kemenangan mereka di Eropa menjadi 14 pertandingan pada pertandingan Grup B ini.
        
Di Turki, gelandang kontroversial Joey Barton, masih belum dapat tampil di liga karena hukuman yang diterimanya pada musim lalu, melakukan debutnya untuk Marseille, di mana ia bergabung sebagai pemain pinjaman dari Queens Park Rangers.
        
Dan ini menjadi malam yang layak dikenang bagi klub Selatan Prancis ini setelah mereka bermain imbang 2-2 dengan Fenerbahce, meski Barton digantikan pada menit ke-71 ketika Marseille tertinggal 0-2.
        
"Ia berpadu dengan baik dengan pemain-pemain lain," kata pelatih Marseille, Elie Baup, mengenai Barton.
        
"Ia mencoba untuk memainkan gaya permainannya dan itu menjadi jelas dengan operannya. Ini hal mendasar bagi tim kami untuk bebrapa kali membuang bola sejauh mungkin, dan ia sukses melakukan hal itu."
   
Raksasa Turki itu mencetak gol melalui Caner Erkin dan Alex, sedangkan Matthieu Valbuena memperkecil ketinggalan pada menit ke-83, untuk membuat tuan rumah berada dalam tekanan.
        
Pemain internasional Ghana, Andre Ayew, mencetak gol penyama kedudukan masa tambahan waktu, melalui sundulan menyambut tendangan penjuru Valbuena.  
   
Di tempat lain, Bordeaux dan Napoli sama-sama meraih kemenangan 4-0. Bordeaux menundukkan Club Bruges, sedangkan Napoli menaklukkan AIK Solna dari Swedia.
        
Borussia Moenchengladbach ditahan imbang tanpa gol oleh AEL Limassol, klub Siprus itu beruntung karena Oscar Wendt gagal mencetak gol dari eksekusi penalti.
     
Inter Milan membutuhkan gol penyeimbang kedudukan di menit-menit akhir pertandingan dari bek asal Jepang, Yuto Nagatomo, untuk mengamankan hasil imbang 2-2 dari tamunya, Rubin Kazan. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012