Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu Nurdiana menyatakan perempuan harus memiliki berbagai bakat atau “multitalenta” untuk menjadi politisi, pejabat pemerintah dan pengusaha di daerah ini.

“Agar sama dengan laki-laki, perempuan harus meningkatkan pengetahuan, banyak talenta, sehingga mereka bisa sama dengan laki-laki menjadi politisi, pejabat dan pengusaha,” kata Nurdiana, perempuan yang menjabat sebagai Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Kabupaten Mukomuko, Minggu.

Nurdiana yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko mengakui bahwa masih sedikit perempuan di daerah ini yang menjadi politisi, pejabat pemerintah dan pengusaha.

Ia yakin, tidak sampai sebesar 30 persen perempuan di daerah ini yang berada di lembaga legislatif, begitu juga perempuan yang menjadi pejabat di lingkungan pemerintah setempat.

Untuk itu, menurutnya, perempuan di daerah ini harus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan agar lebih banyak perempuan menjadi politisi dan pejabat pemerintah sama seperti laki-laki.

Ia mengatakan, jumlah perempuan di daerah ini lebih banyak dari laki-laki, sehingga seharusnya perempuan lebih banyak di lembaga legislatif atau minimal sama dengan laki-laki.

"Seharusnya dengan persamaan gender ini memberikan peluang yang besar bagi perempuan di daerah ini untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai bidang pekerjaan," katanya.

Menurutnya, persamaan peran perempuan dengan laki-laki dalam pembangunan juga berkat perjuangan RA Kartini yang mengubah cara pandang dan berpikir perempuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019