Wakil Bupati Rejang Lebong, Bengkulu, Iqbal Bastari, meminta kalangan wanita di daerah itu membuat terobosan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang dilakukan RA Kartini.

"Wanita Rejang Lebong harus bisa membuat terobosan seperti yang dilakukan sosok Kartini yang merupakan tokoh inspiratif, motivator dan pendobrak bagi kaum wanita di masa itu," ujar dia, usai menghadiri peringatan Hari Kartini ke 140 di Pemkab Rejang Lebong, Senin.

Dengan adanya terobosan yang dibuat wanita Rejang Lebong tersebut kata dia, nantinya akan meningkatkan kapasitas dan memiliki keunggulan karena bisa memberikan inspirasi, motivasi bagi wanita di daerah itu melalui kelembagaan PKK maupun organisasi kewanitaan lainnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan kalangan wanita Rejang Lebong untuk terus melakukan interaksi sosial sehingga berbagai program yang menyangkut keluarga, masyarakat maupun pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

"Salah satu masalah di tengah-tengah masyarakat kita saat ini dan perlu adanya peran perempuan yaitu masalah ledakan penduduk, dengan jalan mengatur kelahiran merupakan salah upaya untuk mengurangi tingginya angka kelahiran," jelas dia.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari Hijazi menyampaikan peringatan Hari Kartini 2019 di wilayah itu merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dilakukan pemerintah daerah terhadap kaum perempuan setempat.

"Melalui peringatan Hari Kartini ke 140 tahun 2019 ini, kita akan memupuk rasa semangat dan merangsang kreatifitas kaum wanita di Rejang Lebong guna mengembangkan dirinya," kata Fitri Hertikasari.

Peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan Pemkab Rejang Lebong ini dilaksanakan dalam acara sederhana dengan menghadirkan ratusan kaum perempuan dari berbagai organisasi wanita, juga dilakukan peragaan busana kebaya dari berbagai daerah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019