Pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 215 pendaftar haji di daerah itu saat ini telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2019.

"Yang sudah melunasi BPIH tahap pertama ini sebanyak 218 orang, namun tiga orang kemudian menunda keberangkatannya, sehingga yang sudah melunasinya sebanyak 215 orang," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Rejang Lebong, Akhmad Hafizudin di Rejang Lebong, Selasa.

Untuk CJH yang belum melunasi BPIH musim haji 2019 ini kata dia, selanjutnya bisa melunasinya pada tahap kedua yang akan ditentukan oleh pemerintah pusat dalam waktu dekat ini.

Selain masih adanya CJH yang belum melunasi BPIH tambah dia, dari 235 kuota haji yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tahun ini terdapat 11 orang yang mengundurkan diri, kemudian enam orang meninggal dunia dan tiga orang menunda keberangkatannya.

"Untuk penggantian calon haji yang mengundurkan diri, meninggal dunia dan yang menunda keberangkatannya termasuk pelunasan BPIH tahap kedua kami masih menunggu jadwal dan siapa saja penggantinya dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu," urainya.

Sementara itu, untuk persiapan penyelenggaraan haji tahun kali ini kata dia, sudah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan berupa pemberian vaksin meningitis, pemeriksaan biometrik serta pengurusan visa.

"Pemberian vaksin meningitis ini dilaksanakan di Puskesmas masing-masing kecamatan asal CJH, saat ini pemberian vaksin meningitis sudah mencapai 90 persen," katanya.

Dia mengharapkan, kalangan CJH yang belum melunasi BPIH ini nantinya pada tahap kedua agar segera melunasinya sehingga mereka bisa mengikuti pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan pada Mei mendatang.***3***
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019