Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap setiap tahun ada bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk membangun berbagai sarana dan prasarana untuk pengembangan objek wisata Danau Nibung di daerah ini.

“Anggaran untuk pengembangan Danau Nibung cukup, untuk itu kami berharap setiap tahun ada bantuan anggaran dari pemerintah pusat yang bersumber dari APBN untuk membangun sarana di objek wisata daerah ini, kata Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Yulia Reni di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, daerah ini membutuhkan anggaran sebesar puluhan miliar rupiah untuk membangun seluruh sarana dan prasarana untuk pengembangan objek wisata Danau Nibung di daerah ini.

Ia menyatakan, daerah ini tidak memiliki kemampuan anggaran sebesar itu untuk membangun seluruh sarana dan prasarana pengembangan objek wisata Danau Nibung di daerah ini.

Untuk itu, pihaknya berharap setiap tahun adanya anggaran pembangunan seluruh sarana dan prasarana objek wisata Danau Nibung di daerah ini di APBN.

Ia menjelaskan, anggaran untuk pembangunan berbagai sarana dan prasarana Danau Nibung di daerah ini mencapai sebesar itu berdasarkan rencana induk pengembangan objek wisata tersebut.

Pemerintah setempat tahun ini membuat rencana induk pengembangan objek wisata Danau Nibung, termasuk pembuatan rencana teknik (Detail Engineering Design/DED) untuk proyek tersebut.

Pemerintah daerah setempat menggunakan jasa konsultan dari berbagai perguruan tinggi dari dalam dan luar daerah untuk membuat rencana induk pengembangan objek wisata Danau Nibung.

Dalam rencana pengembangan objek wisata dan DED tersebut mencakup pembangunan sejumlah gazebo dalam lokasi objek wisata tersebut, pembangunan sarana mancakrida (outbound).

Kemudian pembangunan tempat parkir kendaraan, baik di luar maupun dalam lokasi objek wisata, taman bunga dan buah, penginapan terapung, sarana permainan anak, area wisata kuliner serta wahana air mancur menari.*

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019