Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meterologi Kalimtaologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang turun hujan ringan, meskipun sebagain besar masih cerah berawan.

"Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, wilayah Sumatera Utara dan sebagian Bengkulu," kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rosyidah, di Bengkulu, Rabu.

Ia menjelaskan, daerah berpeluang hujan ringan pada pagi dan siang hari hanya di Kabupaten Mukomuko, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 62-97 persen.

Sedangkan sembilan kabupaten/kota lainnya tetap cerah berawan antara lain terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Lebong, suhu udara berkisar 18-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 65-98 persen.

Daerah akan turun hujan di Sumatra, kata dia, juga berpeluang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Sumatera Barat.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 36 km/ jam atau 03 - 20 knots. Ia juga memprakirakan gelombang laut di perairan Bengkulu, Enggano dan perairan Barat Bengkulu tingginya rata-rata 2,5 meter.

Angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 03-20 knots dan angin di perairan Enggano bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots.
Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-22 knots, katanya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012