Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu memprakirakan gelombang laut di Perairan Bengkulu berpeluang mencapai tiga meter, meskipun saat ini rata-rata tinggi 2,5 meter.

Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di Perairan Enggano hingga Barat Lampung, kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Kamis.  Ia mengatakan, angin di Perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 03-20 knots.

Selanjutnya, angin di Perairan Enggano berhembus dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots di wilayah itu juga berpeluang hujan ringan.

Sedangkan gelombang laut di Perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-22 knots di wilayah itu berpeluang berawan, ujarnya.
Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, hingga Selat Malaka.

Selain itu, juga berpeluang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat, Sebagian Bengkulu dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Sumatera Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 36 km/jam atau 03 - 20 knots.

Sementara prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar cerah berawan, terutam terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 58-94 persen.

Namun hanya di Kabupaten Mukomuko masih berpeluang hujan ringan pada pagi dan siang hari, suhu udaranya berkisar antara 23-32 derjat celcius dan kelembaban antara 62-97 persen. Bila dilihat secara kasat mata, kata dia, wilayah Bengkulu mulai berawan tebal dan berpotensi turun hujan, tambahnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012