Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, ada tiga daerah di wilayah Bengkulu berpotensi turun hujan, sedangkan lainnya masih cerah beawan.

Ketiga daerah yang berpotensi hujan itu adalah Kabupaten Rejang Lebong, Mukomuko dan Bengkulu utara, kata analisis BMKg stasiun Meterologi fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novitas Astuti, Jumat.

Ia menjelaskan, ketiga daerah itu berpeluang turun hujan ringan pada siang atau sore hari, terutama di Mukomuko dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 62-97 persen.

Sedangkan tujuh kabupaten/kota lainnya tetap cerah berawan antara lain terjadi di Lebong, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara berkisar 23-33 derajat celcius dan kelembaban antara 54-94 persen. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, hingga wilayah Sumatera Barat.

Selain itu juga terjadi di sebagian wilayah Mentawai, sebagian Jambi, wilayah Bengkulu dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Sumatera Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 40 km/ jam atau 03 - 22 knots.

Ia juga memprakirkana, gelombang laut di perairan Bengkulu 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 03-22 knots. Gelombang laut di perairan Enggano tingginya juga 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-22 knots.

Sedangkan gelombang laut di perairan Barat Bengkulu tinggi tiga meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 07-24 knots.  Pada peringatan diini BMKG, kata dia, gelombang tiga meter juga berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, Perairan Enggano hingga perairan Lampung, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012