Bengkulu, 10/10 (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu menyampaikan prakiraan bahwa cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan sebagian besar terjadi hujan.

"Selama ini wilayah Bengkulu cukup panas, setelah dilanda kemarau beberapa bulan terakhir," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah di Bengkulu, Rabu.

Ia menjelaskan, wilayah yang berpeluang hujan itu ada delapan kabupaten dan kota antara lain Mukomuko dan Kabupaten Seluma dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 60-96 persen.

Dua daerah lainnya yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur dengan cuaca tetap cerah berawan, suhu udara berkisar 23-32 derajat Celius dan kelembaban antara 58-95 persen. Prakiraan tersebut diperkuat hasil pantauan citra satelit cuaca bahwa ada liputan awan dan hujan di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, sebagian Bengkulu dan Samudra Hindia barat Sumatra.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan 05-36 kilometer per jam atau 03-20 knot. Ia juga memprakirakan bahwa tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu 2,5 meter, angin bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots.

Angin di perairan Enggano bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knot dan tinggi gelombang laut tiga meter. Tinggi gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu juga tiga meter, angin bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan berkisar 08-20 knot.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012