New York (ANTARA/Reuters) - Sejumlah batu dari Mars dan bongkahan batu terbesar dari bulan, yang pernah ditawarkan, akan dijual pada Minggu di New York dalam yang digambarkan penyelenggara sebagai sejarah lelang terbesar meteorit.

Lebih dari 125 meteorit dilelang dalam lelang swasta, termasuk meteorit besi, yang menyerupai wajah berteriak, yang ditemukan di Gurun Kalahari, Afrika Selatan, dan potongan meteorit Willamette dari Museum Sejarah Alam Amerika, yang diperkirakan terjual dengan harga minimal 85 ribu dolar AS. Sementara itu, batu bulan seberat 1,8 kilogram diharapkan terjual dengan harga 340 ribu dolar AS.

"Kami memiliki berbagai jenis senyawa batu-batuan," kata Darryl Pitt, konsultan meteorit bagi Heritage Auctions, yang melakukan penjualan.

Beberapa batu diharapkan terjual dengan harga beberapa ratus dolar.

"Kami ingin memastikan ada barang untuk semua orang. Kami ingin bersikap egaliter ketika menawarkan potongan dari luar angkasa," kata Pitt.

Harga meteorit tergantung dari ukuran, keindahan, kejernihan dan sejarahnya - para pembeli biasanya bersedia membayar lebih untuk batu atau senyawa yang diketahui berasal dari bulan atau Mars.

Meteorit bulan sangat jarang, katanya. Menurut dia, sejauh ini hanya sebuah batu meteorit seberat 61,2 kg yang diketahui ada di Bumi.

"Ini adalah senyawa tertua yang dapat disentuh, bahan mentah
dari planet-planet," kata Pitt.

Beberapa senyawa lain yang dijual adalah potongan besar dari meteorit Tissint asal Mars yang jatuh tahun lalu di Maroko dan potongan dari meteorit Peekskill yang tertangkap kamera 20 tahun lalu terbakar saat menembus langit sebelum menimpa sebuah Chevy Malibu yang diparkir di sebuah kota sekitar 80 km utara dari New York City. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012