Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika Bengkulu memprakirakan bahwa kecepatan angin di wilayah setempat mencapai 22 knot atau sekitar 40 kilometer perjam.

Angin di wilayah Bengkulu itu lebih dominan berhembus dari arah timur hingga selatan, sehingga memicu gelombang tinggi, kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rosyidah, Jumat.

Ia menjelaskan, akibat kecepatan angin cukup tinggi di wilayah itu, maka gelombang laut di Perairan Bengkulu rata-rata mencapai tiga meter. Gelombang laut tiga meter itu, sangat berbahaya bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu motor berukuran kecil hingga sedang.

Angin di Perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-22 knot, angin di perairan nggano berhembus pada arah sama dengan kecepatan antara 07-22 knot. Sedangkan angin di Perairan Samudra Barat Bengkulu berpeluang berhmbus dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 07-22 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan lebat.

Dari hasil pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan di seluruh Sumatra mulai dari wilayah Aceh, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, wilayah Bengkulu hingga perairan Barat Lampung. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya hujan ringan pada sore dan malam hari, terutama di Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan kabupaten Lebong, suhu udaranya berkisar 19-31 derajat celcius an kelembaban antara 65-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012