Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Tinggi gelombang laut di barat Bengkulu hingga 23 Oktober 2012 mencapai tiga meter, sebelumnya 2,5 meter.

"Prakiraan gelombang setinggi tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, perairan Enggano, hingga perairan Lampung," kata analis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Senin.

Ia mengatakan dalam prakiraan sementara gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano masih rata-rata 2,5 meter, juga lebih tinggi dari sebelumnya hanya dua meter.  Angin di perairan Bengkulu berpeluang berhmbus dari arah Timur hingga Barat daya dengan kecepatan 05-18 knots.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan lebat. Sedangkn angin di Samudra Hindia barat Bengkulu berhembus dari Timur hingga selatan dengan kecepatan 08-20 knots.

Dari citra satelit, cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera, Selat Malaka, Mentawai dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08-32 km per jam atau 05-18 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya terjadi hujan ringan hingga lebat, yaitu berpotensi pada siang hingga malam hari. Ada empat daerah berpeluang hujan lebat antara lain Mukomuko, Bengkulu Utara dan Kabupaten Kepahiang suhu udaranya berkisar 19-29 derajat celcius dan kelembaban antara 68-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012