Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimabu kepada para nelayan di Bengkulu untuk mewaspadai Prakiraan gelombang laut di Barat Bengkulu mencapai 3,5 meter.

Gelombang laut setinggi itu, bisa berpotensi mencapai empat meter, terutama mulai dari perairan Enggano hingga Selatan Jawa Barat, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Rabu.

Ia mengatakan, gelombang laut tinggi 3,5 meter itu sangat rawan akan kecelakaan laut terutama bagi kapal nelayan berukuran kecil hingga sedang. Berdasarkan peringatan dini BMKG akan terjadi gelombang laut tiga meter mulai dari perairan Mentawai, perairan Bengkulu hingga perairan Lampung.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots dan angin di perairan Enggano bertiup dari Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-22 knots. Sedangkan angin di perairan Barat Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-24 knots, di wilayah itu berpeluang berawan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, wilayah Kep. Mentawai, sebagian Riau, sebagian Bengkulu dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Utara hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar cerah, berawan hingga berawan banyak, terutama di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu, suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 60-96 persen. Namun di Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara tetap berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 62-97 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012