Bengkulu ( ANTARA Bengkulu) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Suardi Abbas mengatakan, pengamatan hilal untuk menentukan Idul Adha akan dilakukan di lokasi wisata Pantai Jakat pada Kamis (25/10).

"Sebenarnya sudah ada surat edaran tentang penetapan Idul Adha pada Jumat (26/10) tapi tetap akan dilakukan pengamatan hilal," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan, perayaan Idul Adha tahun ini tidak akan ada perbedaan antara pemerintah dengan organisasi keagamaan lainnya, seperti Muhammadiyah.

"Sudah pasti lebaran akan jatuh pada Jumat (26/10) sudah ada edaran dari Kementerian Agama, namun untuk penentuan hilalnya besok (25/10), di atas Hotel Horizon dan di Pantai Jakat," tambahnya.

Ia mengatakan, hari Raya Idul Adha setelah jamaah haji mengambil wukuf di Arafah pada tanggal 10 Dzulhijah. Saat ini jamaah haji Indonesia sedang bersiap-siap berangkat dari Mekkah ke Arafah jaraknya sekitar 20-25 Km dari pemondokan dan hotel.

"Jaraknya 20 hingga 25 km tapi ditempuh dalam waktu delapan jam karena padatnya lalu lintas  menuju Arafah," tambahnya.

Saat ini, kata dia, ada dua orang anggota jamaah Bengkulu yang sakit dan masih dalam perawatan dan akan dibawa semua ke Arafah. Jamaah calon haji Bengkulu tidak ada yang meninggal dunia, ujarnya. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012