Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah menjanjikan akan memberikan bonus Rp100 juta bagi atlet dari Provinsi Bengkulu yang meraih medali emas dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X yang akan digelar November mendatang.

Bonus yang terbilang besar ini diberikan untuk memotivasi para atlet Bengkulu agar bertanding secara maksimal. Terlebih Bengkulu merupakan tuan rumah pada Porwil mendatang.

Selain peraih medali emas, Rohidin juga menjanjikan bonus sebesar Rp50 juta bagi peraih medali perak dan Rp25 juta bagi peraih medali perunggu.

"Kita akan berikan penghargaan dalam bentuk bonus yang cukup besar untuk ukuran Porwil. Kalau dapat emas kita kasih 100 juta. Kalau medalinya perak dapat 50 juta. Kalau perunggu 25 juta," kata Rohidin saat meninjau persiapan venue di komplek GOR Sawah Lebar Bengkulu, Selasa.

Selain untuk atlet yang mendapatkan medali, para pelatih pun juga dijanjikan bonus sebesar 70 persen dari bonus yang diberikan kepada atlet. "Misalnya kalau atletnya dapat 100 juta maka pelatihnya dapat 70 juta," paparnya.

Seperti diketahui, Porwil Sumatera ke-X di Bengkuku nantinya akan mempertandingkan 11 cabang olahraga (Cabor). Ke-11 Cabor tersebut yakni renang, bulu tangkis, sepak bola, panjat tebing, bola volly, biliar, tinju, muathai, kempo, catur dan atletik.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi Bengkulu rencananya akan menerjunkan 283 atlet dan official dari 11 Cabor yang dipertandingkan.

Rohidin menyebut Pemprov Bengkulu menargetkan akan memboyong 15 medali emas dari seluruh Cabor yang dipertandingkan. "Kita menargetkan 10 sampai 15 emas," singkatnya.

Rohidin mengakui saat ini masih banyak sarana dan prasarana latihan atlet yang belum memadai. Sehingga beberapa atlet harus menjalani latihan di luar daerah.

Salah satunya adalah atlet dari Cabor renang. Hingga kini para atlet renang Bengkulu yang akan diturunkan pada Porwil mendatang menjalani latihan di Jakarta.

"Dengan sarana yang minim jangan pernah mengurangi semangat para atlet untuk mendapatkan prestasi terbaik," katanya.

Para atlet dari Provinsi Bengkulu yang meraih medali emas dalam Porwil mendatang juga akan dipersiapkan untuk bertanding dalam Pekan Olahraha Nasional (PON) ke 20 di Papua.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019