Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan bantuan 20 kursi roda kepada para penyandang disabilitas guna memudahkan mereka melakukan berbagai aktivitas yang digelutinya.

“Pembagian kursi roda secara simbolis itu dilakukan saat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat provinsi di daerah ini, setelah itu seluruh kursi roda tersebut dibagikan kepada kaum disabilitas,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Baca juga: Harga beli sawit di pabrik tercatat naik

Pemerintah setempat mengalokasikan dana dalam APBD tahun ini untuk membeli sebanyak 20 unit kursi roda bagi 20 orang penyandang cacat di sejumlah wilayah di daerah ini.

Pemerintah setempat membeli sebanyak 20 kursi roda itu guna mengakomodir proposal usulan bantuan kursi roda dari puluhan orang penyandang disabilitas yang tidak bisa melakukan berbagai aktivitas usahanya.

Sedangkan sebanyak 20 penyandang disabilitas yang ditetapkan sebagai penerima bantuan kursi roda ini merupakan penyandang disabilitas yang masuk dalam basis data terpadu (BDT).


Baca juga: Mukomuko validasi 285 nelayan calon penerima asuransi

“Semua disabilitas yang menerima bantuan kursi roda dari pemerintah setempat ini berasal dari keluarga masyarakat yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini,” ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah setempat memberikan bantuan alat bantu kepada disabilitas cacat di daerah ini agar mereka minimal bisa bergerak tanpa membutuhkan bantuan orang lain.


Baca juga: Lima perahu nelayan Mukomuko karam diterjang ombak

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah berharap bantuan puluhan kursi roda ini bisa memudahkan penyandang cacat yang memiliki keterampilan di bidang untuk menjalankan usahanya.

“Ada sebagian penyandang cacat yang mengusulkan bantuan kursi roda kepada pemerintah setempat melalui Dinas Sosial untuk memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas usahanya, dan mandiri tanpa bantuan orang lain,” ujarnya.

Bantuan kursi roda tidak hanya berasal dari instansi ini, kataya, kemungkinan ada bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas di daerah ini dari pemerintah provinsi setempat.


Baca juga: Seorang calon haji Mukomuko meninggal dunia
Baca juga: Mukomuko ganti keluarga tidak layak terima bansos
Baca juga: Mukomuko terima bantuan rehab 200 rumah

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019