Denpasar (ANTARA Bengkulu)- Pesilat andalan Indonesia mulai digembleng secara intensif dalam program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) sebagai persiapan menghadapi kejuaraan dunia di Chiangmay, Thailand, 17-28 November 2012.

"Pesilat yang khusus mendalami bidang seni, pelaksanaannya berlangsung di Denpasar, Bali selama satu bulan hingga menjelang keberangkatannya ke Chiangmay," kata Sekretaris IPSI Bali, Yamadhiputra di Denpasar, Sabtu.

Ada sekitar sepuluh pesilat yang digembleng khusus yang dipersiapkan untuk berlaga dibidang seni dalam kejuaraan dunia nanti, dan atlet itu semuanya dari Bali, juara Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau.

Yamadiputra mengatakan, Pesilat Bali terutama di nomor seni menunjukkan prestasi gemilang dan berhasil meraih juara umum cabang pencak silat PON XVIII/2012 Riau, dengan mengumpulkan enam emas dan satu perak.

Oleh sebab itu dinilai wajar kalau pesilat Pulau Dewata mendominasi mengikuti Pelatnas Silat terutama di bidang seni dengan harapan mampu meraih prestasi terbaiknya persilatan di Dunia.

Ada sebelas pesilat Bali yang ditarik mengikuti program pelatnas dalam rangkaian mempersiapkan kejuaraan silat dunia di Chiangmay Thailand, sepuluh digembleng dibidang seni dan seorang ke Jakarta untuk kelas laga.

Pelatnas silat dalam menghadapi kejuaraan dunia 2012 di bawah naungan Pengurus Besar Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (PB IPSI), dibagi dua lokasi yakni selain di Bali khusus untuk seni dan lainnya di Jakarta.

Program latihan silat pelatnas di Bali di bawah asuhan Wayan Selamat, seorang pelatih yang mampu menunjukkan reputasi tinggi karena hampir semua asuhannya meraih emas pada pelaksnaan PON Riau yang baru lewat, tutur Yamadiputra.

Jadi pesilat nasional yang akan maju di kejuaraan dunia nanti, khusus dibidang seni dipercayakan oleh PB IPSI kepada pelatih asal Bali dan pelaksanaannya juga berlangsung di kota Denpasar mulai pekan ini. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012