Palembang (ANTARA Bengkulu) - Kota Palembang, Sumsel menjadi tuan rumah olah raga air (Musi Triboatlon) internasional yang akan digelar akhir Nopember 2012.
 
Musi Triboatlon itu rencananya akan diikuti enam negara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Brunie Darussalam, Asutralia dan tuan rumah Indonesia, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Tony Panggarbesi di Pelembang, Minggu.

Ia mengatakan, olah raga air internasional itu nantinya melalui sungai Musi yang melewati kabupaten dan kota hingga ke Kota Palembang, Sumsel. Triboatlon itu, juga akan menjadi ajang kejuaraan internasional dalam upaya menarik wisatawan berkunjung ke daerah tersebut, ujar Tony Panggarbesi.

Rencana kegiatan Triboatlon akan menempuh jarak lebih kurang 500 kilometer yang menyusuri sungai di provinsi tersebut serta melewati beberapa kabupaten, kabupaten akan dilewati seperti Kota Pagaralam, Lintang Empat Lawang, Musirawas dan Kota Pelembang, ujar dia.

Untuk tahap pertama peserta akan mengikuti arung jeram karena medan yang dilewati airnya sedikit deras, sementara setiba di Palembang peserta direncanakan akan disambut bidar di perairan sungai yang terdapat jembatan Ampera setempat.

Olah raga itu selain untuk memperkenalkan objek wisata alam, kegiatan yang antara lain menggunakan perahu karet tersebut juga untuk mencari bibit olahraga yang potensial untuk dipersiapkan dalam jangka panjang, ujarnya. (ant)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012