Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di barat Bengkulu berpeluang setinggi tiga meter, meskipun saat ini masih 2,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut setinggi tiga meter itu juga terjadi di perairan Samudra Hindia barat Laut Aceh, barat Mentawai hingga selatan Banten," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Kamis.

Sementara, gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata tinggi dua meter, hembusan angin di wilayah itu berpeluang dari arah timur laut-selatan dan dari arah timur laut hingga tenggara, dengan kecepatan berkisar 05-17 knots.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berpeluang bertiup dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 07-18 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan ringan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, wilayah Kep. Mentawai, wilayah Kep. Riau, sebagian Bengkulu, dan Samudera Hindia Barat Laut Aceh hingga Barat Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 30 km/jam atau 05 - 17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Mukomuko, Bengkulu Utara dan kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 20-30 derajat celcius dan kelembaban antara 65-97 persen.

"Namun, di dua kabupaten yaitu Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur terjadi berawan hingga berawan banyak, suhu udaranya berkisar antara 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 60-95 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012